Perkembangan fasilitas TIK di UG selama 30 tahun

Sejarah Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma berdiri pada tanggal 7 Agustus 1981, yang pada awalnya Universitas Gunadarma bernama Akademi Sains dan Komputer Indonesia, akademi ini didirikan oleh Yayasan Pengembangan Sistem Analisis dan Operation Research Matematika. Selama tiga tahun Akademi Sains ini terus mendidik banyak mahasiswa tanpa kenal lelah, lalu setelah tiga tahun mendidik para mahasiswa, Akademi Sains ini berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma. Dan pada akhirnya, tanggal 3 April 1996 lembaga ini mengkukuhkan diri dengan nama Univeristas Gunadarma.

Perkembangan fasilitas maupun status perguruan tinggi juga semakin meningkat sepanjang perjalanan kehidupan kampus. Ada beberapa lokasi kampus yang dapat disebut sebagai pionir, yaitu: Kampus Jalan Kenari, Kampus Kramat Sentiong, dan Kampus Salemba di bilangan Jakarta Pusat. Kemudian, pada tanggal 5 Januari 1987, Kampus Depok berdiri dan dijadikan sebagai kampus pusat, yang kemudian, disusul oleh pembangunan sebuah kampus lagi di Jalan Akses UI, Kelapa Dua, dan perkembangan Univerditas terus berkembang sampai saat ini. Sampai saat ini Universitas Gunadarma memiliki beberapa kampus, yaitu:

  • Kampus A di Jl. Kenari III No. 33 – Jakarta Pusat
  • Kampus B di Jl. Salemba Bluntas – Jakarta Pusat
  • Kampus C di Jl. Salemba Raya No. 53 – Jakarta Pusat
  • Kampus D di Jl. Margonda Raya 100 – Depok
  • Kampus E di Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis – Depok
  • Kampus G di Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis – Depok
  • Kampus H di Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis – Depok
  • Kampus J di Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang – Bekasi

Arti dan Lambang Universitas Gunadarma


  • Tangkai Obor Berdiri Tegak : Melambangkan keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada Nusa dan Bangsa.
  • Cawan Obor yang Melebar dan Cekung : wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam.
  • Kobaran Api yang Kuning Keemasan : Menunjukkan semangat juang yang tak pernah padam dalam menuntut ilmu dan menyumbangkannya kepada masyarakat.
  • Bentuk Lingkaran yang Berwarna Ungu : suatu bentuk geometris yang memberi ciri pada ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan.
  • Bingkai Segi Lima : Menyatakan bahwa Universitas Gunadarma berazaskan Pancasila

Visi dan Misi

Visi :

Pada tahun 2012 Universitas Gunadarma menjadi Universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia yang kontribusinya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (recognized), baik di tingkat regional maupun internasional.

Misi :

1.   Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

2.   Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang bertaraf internasional dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.

3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai ujud pengejawantahan tanggung jawab sosial institusi (university social responsibility).

4.      Menyelenggarakan kerjasama dengan pelbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.

5.      Mengembangkan organisasi institusi dalam rangka merespon pelbagai perubahan yang terjadi.

  • ATURAN
  • Tata Tertib Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Istilah TIK

Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital.

Kilas-Balik Perkembangan TIK

Membicarakan perkembangan TIK dan globalisasi ekonomi ibarat membicarakan dua sisi dari sebuah koin tunggal; keduanya menggambarkan dua karakteristik penting perkembangan kemasyarakatan di penghujung abad ke-20. Munculnya gagasan tentang information society ataupun knowledge-based society memperlihatkan adanya upaya untuk melihat kedua sisi koin tersebut secara serentak.

Bentuk awal telekomunikasi berskala nasional adalah telegrap. Teknologi berbasis kabel (wire-based technology) ini menyediakan pondasi bagi perkembangan jejaring telepon, yang pada gilirannya menjangkau bagian yang lebih luas dari permukaan Bumi. Dengan penggunaan teknologi kabel lintas-lautan (transoceanic cables), berbagai wilayah yang terpisah oleh laut menjadi terhubungkan menjelang akhir 1900.

Meningkatnya permintaan dari sektor bisnis akan sarana untuk mengontrol informasi, khususnya yang terkait dengan kegiatan produksi dan distribusi, menjadi pemacu utama pengembangan aplikasi dari telematika (telematics). Di awal perkembangannya (seabad yang lalu), aplikasi-aplikasi ini didorong oleh kebutuhan-kebutuhan di sektor bisnis, seperti computer-aided design (CAD), remote sensing devices, management information systems, dan data bases. Tetapi baru pada era 1960-an teknologi komputer dan teknologi elektronik melebur dengan teknologi broadcasting dan telekomunikasi berbasis kabel.

Permintaan militer juga memacu terjadinya inovasi, khususnya dalam wireless technologies, selama masa Perang Dunia Ke II. Penggunaan dalam militer dikenal dengan teknologi C4I: command, control, communications, computing, dan intelligence. Bahkan telematika, digabungkan dengan sistem dan perangkat lunak, telah dikonsepsikan sebagai “senjata” baru di abad ke-21 ini.

Inovasi yang berlangsung secara masif berlangsung dalam 25 tahun terakhir, sejak 1970-an, di mana kabel tembaga mulai diganti dengan kabel serat optik, satelit dan teknologi nir-kabel lainnya, seperti microwave dan seluler. Pada periode yang sama, teknologi komputer berevolusi dari sebatas wordprocessing dan accounting menjangkau image dan graphic processing, yang membutuhkan penyimpanan dan pengolahan data dalam kapasitas yang sangat besar. Dan secara fisis komputer berevolusi dari berukuran sebesar sebuah ruang tamu sampai menjadi perangkat yang portabel dan personal. Kemampuan yang sangat tinggi untuk mengirim dan menerima data dan citra, selain suara, meleburkan kedua jenis teknologi tersebut menjadi yang kini lazim disebut information and communication technology (ICT), atau teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Internet dan World Wide Web (WWW) menjadi wujud utama peleburan kedua jenis teknologi. Dan industri TIK hari ini merupakan kombinasi dari sekurang-kurangnya empat jenis industri: industri komputer, industri komunikasi, industri perangkat lunak, dan industri hiburan.

Perkembangan TIK di UG

1982 Pembelian computer pertama untuk proses pendidikan di Gunadarma.

1988 Bantuan komputer dari presiden yang digunakan untuk kegiatan kursus pembekalan dan Pengembangan Local Area Network (LAN) pertama di Gunadarma.

1992 Pengembangan Sistem Manajemen Akademik Online untuk pengisian KRS, basis data mahasiswa, pengolahan nilai dan KTM.

1994 Pemasangan koneksi Internet dengan dial-up MODEM di lembaga pengembangan komputerisasi.

1995 Pemasangan jaringan intranet pertama dengan 10-base-5 di Kampus Kelapa Dua.

1996 Pemasangan koneksi internet dengan VSAT bekerja sama dengan PT Indosat dengan kapasitas sebesar 128 Kbps dan Peluncuran situs resmi Universitas Gunadarma dengan alamat http://www.gunadarma.ac.id.

1998 Penggantian media koneksi Internet dengan Leasedline PT Telkom dengan kapasitas sebesar 256 Kbps

1999 Upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 512 Kbps.

2000 Peluncuran staffsite di http://staffsite.gunadarma.ac.id untuk informasi pembelajaran dari setiap dosen dan Upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 1 Mbps.

2002 Upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 2 Mbps.

2003  Peluncuran career center di http://career.gunadarma.ac.id untuk pengelolaan data alumni dan pengembangan karir, yang didanai oleh proyek TPSDP dan  Peluncuran situs baru perpustakaan dan digital library di http://library.gunadarma.ac.id , yang sebagian anggarannya didanai oleh Proyek TPSDP.

2004  Pemasangan backbone Fiber Optics di tiga lokasi kampus yaitu Kampus D,
Kampus E, dan Kampus G.

2005  Peningkatan bandwidth internet dari 2 Mbps menjadi 16 Mbps  Pemasangan fixed wireless antar kampus.

2006  Pemasangan fasilitas WiFi pertama. Universitas Gunadarma tergabung dalam jaringan Indonesian Higher. Education Network (INHERENT) dengan bandwidth 1 Mbps. Pemasangan fasilitas Video Confference yang didanai dari proyek INHERENT.

2007  Penambahan fasilitas WiFi menjadi 20 titik. Penambahan kapasitas bandwidth dari 16 Mbps menjadi 26 Mbps. Pemasangan Internet broadband di kampus Simatupang dengan bandwidth 2 Mbps  Peluncuran Studentsite di http://studentsite.gunadarma.ac.id dengan kapasitas virtual locker setiap mahasiswa sebesar 100 Mb.  Peluncuran repository system di http://repository.gunadarma.ac.id  Peluncuran e-learning system di http://elearning.gunadarma.ac.id  Penyediaan fasilitas Internet Lounge di 3 lokasi kampus.

2008  Peluncuran desain baru website Universitas Gunadarma beserta subdomain pendukung lainnya. Penambahan bandwidth Internet dari 26 Mbps menjadi 30 Mbps. Penambahan fasilitas WiFi menjadi 70 titik di semua lokasi kampus. Peluncuran beberapa layanan informasi akademik berbasis web yang meliputi:

UG Open Course ware di http://ocw.gunadarma.ac.id
UG News di http://ugnews.gunadarma.ac.id
UG Community di http://community.gunadarma.ac.id

BAAK

BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.

Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :

  • BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra)
  • Bagian Ujian Semester dan Bank Soal
  • Bagian Koordinasi Perkuliahan
  • Sub Bagian Jadwal Kuliah
  • Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik
  • Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen
  • Bagian Monitoring Kuliah
  • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen
  • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa

Pengertian E-Learning     

Sekilas perlu kita pahami ulang apa e-Learning itu sebenarnya. E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-Learning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada.

Struktur Organisasi E-Learning Center (ELC)

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di Universitas Gunadarma didukung oleh 9 unit kerja, di samping perangkat program studi, yang secara struktural bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Setiap unit kerja dilengkapi dengan beberapa unit kerja yang lebih operasional. Sebagian unit kerja berafiliasi dengan satu fakultas sedangkan yang lainnya melayani kegiatan Universitas Gunadarma secara keseluruhan. Gambar di bawah ini menunjukkan struktur organisasi Universitas Gunadarma. Pada gambar tersebut ditunjukkan kelengkapan salah satu unit kerja, yaitu BAPSI (Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi), dengan keenam sub-unit kerjanya yang di antaranya adalah Pusat Pembelajaran Eletronis (ELC, e-Learning Center).

Tugas penting unit ini adalah melakukan koordinasi antar bagian dalam proses dan layanan sistem pembelajaran secara elektronik maupun pembelajaran berbasis web bagi dosen dan mahasiswa. Keberadaan sistem pembelajaran online yang sudah berjalan selama ini bukan bermaksud untuk menggantikan sistem tatap muka di kelas, namun untuk lebih memperkaya material yang mudah tersedia sehingga memudahkan mahasiswa dalam pemahaman materi ajar. Unit E-learning Center bertempat di Gedung 2 Lt 3 Kampus D Depok dengan 3 orang staff, yaitu Aviarini Indrati, SKom., MMSI (Kepala Unit Kerja), dan 2 orang staff yaitu Tri Sulistyorini, SKom., MMSI dan Edi Minaji Pribadi, SP., MSc.

STUDENTSITE

Studentsite merupakan suatu situs yang bermanfaat bagi para mahasiswa/i Universitas Gunadarma, karena mahasiswa/i dapat mengechek jadwal kuliah di Studentsite. Di Studentsite tidak jauh beda dengan BAAK funginya sama tetapi lebih ke mahasiswa/i untuk membuat identitas dan mengirim tugas-tugas dari mata kuliah masing-masing.

Kelebihan : seluruh mahasiswa/i dapat melihat jadwal kuliah, ujian, lecture message, dan lain-lain.

Kekurangan : Terkadang suka maintennece ( updatenya lama ).

Fitur-fitur Studentsite :

  • General menu

a)      Locker

Kegunaan fitur loker untuk mahasiswa Universitas Gunadarma :

  • BAAK News ( untuk melihat informasi dari BAAK ).
    • Kalender Akademik ( untuk melihat jadwal UAS, UTS, pengambilah dan pengisian KRS dan lain-lain ).
    • Menu layanan ( untuk mengakses Home, www News, BAAK News, Lecture Message, Rangkuan Nilai, Jadwal Kuliah, Ujian, Bebas Perpustakaan, Surat Keterangan, Info Absensi, Pendaftaran omba Blog, Info Seminar [ UG Portofolio ], Tulisan [ UG Portofolio ], Tugas [ UG Portofolio ], Deposit Library, Warta Warga, Blog Komunitas Perbankan, Blog Komunitas Linu, Blog Komunitas Fotografi.

b)      Change Password ( untuk mengganti password Sudentsite ).

c)      Preferences ( untuk memilih pilihan ).ture  ews, Le, www Newsk melihat jadwal UAS, UTS, pengambilah dan pengisian KRS dan lain-lain.

c)      n mengirim tugas-tugas.

  • E-mail

a)Compose ( untuk membuat dan mengirim E-mail ).

b)      Compose Folder ( untuk melihat message di dalam inbox ).

  • Calender

a)      Add ( membuat task )

b)      Today ( melihat kalender )

c)      Week view ( melihat 1 minggu )

d)      Month view ( melihat 1 bulan )

e)      Group planner ( meilhat group )

f)        List view ( melihat mahasiswa )

g)      Search box ( mencari sesuatu tentang kalender UG )

h)      Export ( berisi iCal )

i)        Import ( berisi iCal dan CSV )

  • Address book

a)      Add ( mencari address )

b)      Import contacts ( mengirim file dari LDIF, CSV / Vcard )

c)      Export contacts ( mengirim file dari Address book )

  • Info log

a)      Info log list ( membuat dan meilhat data )

b)      Add ( membuat dan menyimpan log )

  • File manager
  • Forum ( mencari informasi dan memberi informasi )

a)      News Topics

b)      Home

c)      Blogs

d)      UG’ers

e)      Gallery

f)       Groups

g)      Music

h)      Video

i)        Events.

  • Bookmarks

a)      Tree view ( melihat menu-menu yang ada di bookmark )

b)      List view ( list-list yang ada di menu bookmark )

c)      New bookmarks ( menyimpan URL, DESCRIPTION, KEYWORDS, CATEGORY, RATING, PRIVATE )

d)      Search ( mencari file yang tersimpan di bookmark )

e)      Import bookmarks ( mengirim bookmarks ke bookmarker )

f)        Export bookmaks ( mengirim file ke Netscape?Mozila dan XBEL

  • Polls

a)    Current poll ( mengevote fasilitas yang ada di studensite )

b)   View result ( melihat hasil vote )

  • Logout ( untuk keluar dari studentsite )

PERPUSTAKAAN

Sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan. Universitas Gunadarma menyediakan Perpustakaan yang dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma telah digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.

Sesuai dengan kemajuan teknologi komunikasi dan audio visual telah dikembangkan perpustakaan audio visual di Universitas Gunadarma. Perpustakaan audio visual tersebut dilengkapi dengan peralatan televisi dan video pendidikan. Untuk pengadaan modul film dan video pendidikan, perpustakaan tersebut dilengkapi dengan studio untuk melakukan pembuatan film dan modul pendidikan dalam bentuk slide serta rekaman video. Dalam perencanaannya akan diproduksi film dan video pendidikan untuk setiap mata kuliah yang diberikan di Universitas Gunadarma. Para mahasiswa, dosen, dan karyawan serta pihak lain yang berkepentingan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut guna mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

Perpustakaan menunjang Tridarma Perguruan Tinggi dengan fungsinya sebagai sumber informasi bagi pelaksanaan proses belajar dan mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Lokasi Perpustakaan berada pada lokasi :

1.   Kampus D : Jalan Margonda Raya No. 100 Depok Telepon : 78881112 – ext. 301

Gedung III Lt. 1
Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Teknik Perencanaan dan Sipil

 2.   Kampus E : Jalan Akses UI Kelapa Dua Telepon : 8727541 – ext. 501

Gedung V Lt. 1
Perpustakaan Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi dan Fakultas Sastra dan Bahasa
Perpustakaan Audio Visual

Layanan Perpustakaan

Layanan yang disediakan oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma adalah :

– Keanggotaan : Perpustakaan menyediakan layanan keanggotaan yang ditujukan untuk mahasiswa dan staf/dosen di lingkungan Universitas Gunadarma. Dengan menjadi anggota, mahasiswa/staf/dosen dapat melakukan peminjaman koleksi bahan pustaka yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma.

Prosedur pendaftaran dan perpanjangan keanggotaan adalah :

1). Keanggotaan Mahasiswa

a. Masa berlaku keanggotaan mahasiswa adalah satu semester, pendaftaran dan perpanjangan diadakan pada setiap awal semester selama 2 bulan.

b. Proses pendaftaran dan perpanjangan keanggotaan sama: Anda harus menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan fotokopi bukti pembayaran uang kuliah pada semester berjalan. Dibalik fotokopi blanko, tuliskan biodata anda yang terdiri dari Nama, Fakultas, Kelas, Alamat, RT, RW, Kota, Kode pos, Telepon.

 2). Prosedur Keanggotaan Staff/Dosen

a. Bagi dosen atau staff yang ingin menjadi anggota cukup menunjukkan identitas dirinya sebagai dosen Universitas Gunadarma berupa Surat Keterangan Jadwal Mengajar atau identitas lainnya. Selanjutnya mengisi biodata di buku pendaftaran keanggotaan.

b. Masa berlaku keanggotaan dosen adalah selama yang bersangkutan terdaftar sebagai staf/dosen di lingkungan universitas Gunadarma.

Peminjaman bahan pustaka bagi anggota

Peminjaman bahan pustaka hanya ditujukan untuk anggota. Bahan pustaka yang dapat dipinjam adalah buku teks untuk mahasiswa dan dosen/staff, serta buku diktat kuliah untuk dosen/staf. Yang berhak meminjam buku adalah anggota perpustakaan yang aktif. Perpustakaan menerapkan sistem pelayanan tertutup, dimana apabila pengunjung ingin membaca/meminjam suatu buku, yang bersangkutan harus memintanya terlebih dahulu kepada petugas, bukan mengambil langsung dari rak buku.

Prosedur peminjaman buku ini adalah :

1. Cari nomor panggil (call number) buku yang ingin dibaca melalui katalog buku atau komputer pencarian (searching). Untuk pencarian dengan menggunakan komputer, pencarian dapat dilakukan berdasarkan judul, pengarang dan subjek.

 2. Lihat detail dari katalog-katalog hasil pencarian di komputer, apabila sesuai dengan buku yang ingin dibaca catat nomor panggilnya.

3. Serahkan catatan nomor panggil tersebut kepada petugas bersamaan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), jumlah maksimal buku yang dibaca adalah 2 (dua) buah. Petugas akan mengambilkannya untuk anda.

4. Setelah buku diterima, anda belum dapat membawanya pulang. Anda harus menyerahkan buku tersebut untuk dicatat sebagai transaksi peminjaman anda. Jika selesai, anda dapat membawa pulang buku tersebut.

5. Lama peminjaman untuk mahasiswa adalah 2 (dua) minggu dan dapat diperpanjang sebanyak 1 (satu) kali sehingga total peminjaman plus perpanjangan peminjaman adalah 4 (empat) minggu. Lama peminjaman untuk dosen adalah 6 (enam) bulan.

6. Lihat batas peminjaman pada bagian belakang buku.

7. Keterlambatan pengembalian buku akan dikenakan denda sebesar Rp 100,- per hari keterlambatan untuk mahasiswa dan Rp 200,- untuk dosen.

8. Jumlah maksimal peminjaman dibawa pulang adalah 2 (dua) eksemplar untuk mahasiswa dan 5 (lima) eksemplar untuk dosen.

Perpanjangan Peminjaman

1. Serahkan buku yang ingin diperpanjang bersama dengan KTM anda, sampaikan kalau anda ingin memperpanjang peminjaman buku tersebut. Petugas akan melihat data transaksi peminjaman buku tersebut.

2. Apabila anda telah memperpanjang peminjaman buku tersebut, maka anda tidak dapat memperpanjang kembali peminjaman buku tersebut dan transaksi dianggap sebagai pengembalian.

3. Apabila masa peminjaman telah melewati batas lama peminjaman, maka anda akan dikenakan denda peminjaman. Serahkan uang denda sebesar yang disebutkan petugas.

 4. Apabila proses pencatatan transaksi telah selesai, petugas akan menyerahkan buku bersama KTM anda.

Pengembalian Buku

1. Serahkan buku yang ingin dikembalikan bersama dengan KTM anda, sampaikan kalau anda ingin mengembalikan buku.

2. Petugas akan melihat data transaksi peminjaman buku tersebut dan menghitung denda keterlambatannya.

3. Apabila masa peminjaman telah melewati batas lama peminjaman, maka anda akan dikenakan denda peminjaman. Serahkan uang denda sebesar yang disebutkan petugas.

4. Petugas akan mengembalikan KTM anda.

Administrasi Perpustakaan

Layanan ini meliputi pembuatan Surat Bebas Perpustakaan dan Surat Keterangan Sumbangan. Proses administrasi dilakukan oleh mahasiswa yang akan dan telah melakukan sidang. Kegiatan ini terdiri dari 2 jenis: bebas perpustakaan dan sumbangan.

Bebas perpustakaan adalah surat yang menyatakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan tidak mempunyai peminjaman lagi di Perpustakaan Universitas Gunadarma. Maka, mahasiswa yang telah membuat surat bebas perpustakaan telah dianggap keluar dari keanggotaan Perpustakaan Universitas Gunadarma dan tidak dapat melakukan peminjaman buku serta pendaftaran keanggotaan. Surat ini dibuat sebagai persyaratan pendaftaran sidang kelulusan (Penulisan Ilmiah bagi D3 atau Skripsi/Non-skripsi bagi S1).

Sumbangan dilakukan oleh mahasiswa yang telah melakukan sidang, baik sidang Penulisan Ilmiah (S1 atau D3) maupun Skripsi atau Non-Skripsi. Proses ini akan menghasilkan surat keterangan sumbangan yang digunakan untuk mengambil sertifikat atau Surat Tanda Lulus Sementara (STLS).

Kunjungan Ruang Referensi

Bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan penulisan ilmiah atau skripsi dapat mengunjungi ruang referensi. Di ruang ini, tersedia jurnal, majalah, penulisan ilmiah, skripsi dan akses internet.

Kunjungan referensi merupakan kunjungan mahasiswa ke ruang referensi dalam rangka mencari bahan untuk penulisannya. Kegiatan ini dilakukan ketika mahasiswa mendapat tugas membuat Penulisan Ilmiah atau Skripsi.

Fasilitas yang disediakan di ruang referensi adalah : koleksi penulisan/skripsi mahasiswa Universitas Gunadarma, koleksi majalah/jurnal dari berbagai instansi didalam maupun diluar Universitas Gunadarma, 5 unit komputer yang terhubung ke internet dan koleksi referensi lainnya.

Karena keterbatasan ruangan, maka kunjungan mahasiswa akan dibatasi sebanyak 8 kunjungan per semester dengan masing-masing kunjungan dibatasi waktunya selama 1 jam. Adapun prosedur melakukan kunjungan ke ruang referensi adalah sebagai berikut :

1. Mahasiswa datang ke ruang referensi berdasarkan jadwal shift yang tersedia, dengan menyerahkan Kartu Rencana Studi semester berjalan miliknya yang didalamnya terdapat keterangan bahwa yang bersangkutan sedang mengerjakan Penulisan Ilmiah/Skripsi.

2. Petugas akan menahan KRS tersebut dan menyerahkan kunci locker, mahasiswa tidak diperkenankan membawa tas selama didalam ruang referensi dan tas harus dimasukkan kedalam locker.

3. Apabila waktu shift telah selesai atau mahasiwa ingin keluar sebelum shift selesai, mahasiswa harus menyerahkan kunci locker setelah mengambil tas/barang-barang miliknya dari locker tersebut dan petugas akan mengembalikan KRS miliknya.

4. Pada masa-masa puncak kunjungan, mahasiswa terkadang harus antri untuk dapat masuk kedalam ruang referensi. Maka disarankan untuk memesan terlebih dahulu paling lambat 1 jam sebelum shift kunjungan yang ingin digunakan.

Waktu Pelayanan

1). Peminjaman : Senin – Jum’at : 09.00 – 14.00 WIB (Istirahat : 12.00 – 13.00 WIB), Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB

2). Kunjungan Referensi, Pengembalian dan Administrasi : Senin – Jum’at : 09.00 – 15.00 WIB (Istirahat 12.00 – 13.00 WIB), Sabtu : 09.00 – 12.00 WIB

STAFFSITE

Homepage resmi staff Universitas Gunadarma tersebut memberikan berbagai layanan yaitu (a) Bio data pribadi, (b) latar belakang pendidikan, (c) pengalaman dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, (c) informasi untuk mahasiswa, (d) upload bahan ajar untuk mahasiswa, (e) informasi dari insitusi, (f) forum diskusi, (g) pengelolaan jadwal kegiatan, (h) informasi homepage, emailm dan blog dari dosen lain, serta (i) blog.

PSMA Online

Akses Informasi Akademik Berbasis TIK, yang diwujudkan dengan adanya Pengembangan Sistem Manajemen Akademik (PSMA) Online. Mahasiswa bisa mengisi KRS sendiri secara langsung ke Terminal Komputer, yang dipandu oleh Pembimbing Akademik dan Penasehat Akademik yang ditunjukan untuk masing-masing kelas. Selain itu, PSMA online mencetak KRS dan kartu mahasiswa yang sudah dilengkapi dengan teknologi smartcard, RFID, dan alat pembayaran elektronik- yang implementasinya bekerja sama dengan pihak Bank.

INTERNET LOUNGE (I-LOUNGE)

Internet Lounge adalah suatu fasilitas internet gratis yang di sediakan oleh pihak kampus untuk mahasiswa Gunadarma. Fasilitas ini terdapat di kampus D, E Depok dan kampus J Kalimalang.

Untuk dapat menggunakan fasilitas ini, mahasiswa perlu menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) aktif dan mengakses dengan menggunakan account studentsite masing-masing mahasiswa.

Dengan adanya fasilitas internet lounge ini, mahasiswa sedikit terbantu untuk mengakses (browsing) keperluan yang mendesak tanpa harus mengeluarkan uang ketika berada di kampus.

saya sering melewati ruang Internet Lounge, terlihat sering kali ruang tersebut sepi akan pengunjung (mahasiswa) dan kerap kali ruang tersebut tutup, tidak ada penjaganya.

fasilitas ini sebenarnya baik, namun banyak dari mahasiswa yang mengeluhkan fasilitas yang di berikan Internet Lounge itu sendiri. Seperti setiap User (mahasiswa) hanya dapat mengakses (browsing) maksimal 20 menit dan hanya satu kali kesempatan dalam sehari. dalam penggunaannya, ruangan ini tidak memberikan tempat duduk atau mahasiswa selama 20 menit harus berdiri dalam browsing.

sebenarnya Internet Lounge alternatif yang bagus bagi mahasiswa yang susah mendapatkan lahan wifi atau mahasiswa yang tidak membawa laptop yang kebetulan ingin mencari (browwsing) data secara mendadak. mahasiswa banyak yang menyesalkan soal lamanya waktu dalam pengaksesan Internet Lounge tersebut.

jadi, kesannya Internet Lounge merupakan fasilitas kampus yang manfaatnya tidak bisa di nikmati secara puas.

HOTSPOT / WIFI ZONE

 Hotspot/WiFi Zone merupakan layanan yang di berikan Universitas Gunadarma dengan terdapat 70 titik hot spot di berbagai lokasi kampus yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh sivitas akademika untuk mengakses internet.

Pengertian  mata kuliah  SOFTSKILL :

Beberapa pengertian dan istilah mengenai Matakuliah yang adaptif terhadap pengembangan intelektual terhadap dunia maya dan komputer.

Mata kuliah ini hanya bertemu dosen satu kali dalam seminggu tidak ada UTS ataupun Ujian . Tugas diberikan ke site masing – masing mahasiswa dan bertanggung jawab sendiri terhadap tugasnya . tugas ini membantu siswa menjadi terlatih dalam menyelesaikan masalah sendiri dan menjadi lebih kreatif .

Bagi siswa yang tidak mengikuti mata kuliah ini otomatis akan mendapat nilai E dan harus mengulang sesuai semester yang mengalami ketinggalan . ini adalah  salah satu fasilitas TIK yang dimiliki gunadarma yang sangat baik untuk perkembangan mahasiswa di bidang teknologi dan pendidikan.

Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

Setiap mahasiswa Universitas Gunadarma wajib mempunyai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).  Pada setiap KTM akan tertera nama mahasiswa, Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) dan foto terbaru dari mahasiswa yang bersangkutan.  KTM merupakan kartu elektronik yang selain berfungsi sebagai kartu identitas mahasiswa, juga berfungsi sebagai:

    • kartu perpustakaan
    • kartu absensi
    • kartu ATM Bank DKI
    • e-walet (KTM dapat digunakan sebagai pembayaran denda praktikum atau pembayaran   uang kursus dan workshop )
    • media penyimpanan data akademik dan keuangan

Struktur Organisasi Pengelola TIK

Sesuai dengan kebijakan umum pada UG Good University Governance yang menyatakan bahwa “Pengelolaan Sistem Informasi menjadi wewenang dan tanggung jawab Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi, yang berada di tingkat Universitas dan bertanggung jawab ke Rektor Universitas Gunadarma melalui Pembantu Rektor sesuai dengan lingkup kerjanya”, Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) merupakan salah satu unit struktural yang ikut mempunyai kontribusi dalam perencanaan, pengembangan, implementasi dan pemeliharaan fasilitas teknologi informasi di Universitas Gunadarma. Fungsi dan wewenang BAPSI secara umum bersifat koordinatif bersama unit pelaksana dan unit terkait lainnya dalam peningkatan layanan informasi akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pada thaun 2007 ini, BAPSI membentuk unit kerja khusus yaitu Network Operation Center (UG-NOC), System Development Center (UG-SDC), Media and Information Center (UG-MIC), E-Learning Center (UG-ELC), dan Research Information Center (UG-RIC). Kelima unit baru tersebut melengkapi struktur BAPSI sebelumnya, khususnya yang terkait dengan layanan Sistem Informasi.

Deskripsi Tugas

Deskripsi tugas BAPSI dan unit kerja di bawahnya mengacu kepada struktur organisasi dan deskripsi tugas yang telah disyahkan oleh Rektor Universitas Gunadarma melalui Surat Keputusan nomor Nomor 237.1/SK/REK/UG/2007 tanggal 27 Maret 2007 tentang Penetapan Unit Kerja Pengelola Fasilitas TIK di Universitas Gunadarma.

Sistem Sentralisasi dan Desentralisasi

Pedoman sistem sentralisasi dan desentralisasi implementasi sistem informasi mengacu pada pedoman pelaksanaan UG-GUG untuk aspek tata pamong TIK, yaitu:

  1. Pengembangan dan pengelolaan sistem informasi secara umum menggunakan pendekatran sentralisasi, tetapi untuk sistem-sistem tertentu diterapkan kebijakan desentralisasi content up-dating sesuai dengan tugas dan kewenangannya masing-masing unit pelaksana.
  2. Kebijakan sentralisasi dilakukan untuk sistem administrasi umum dan administrasi kepegawaian, pengelolaan website utama, sistem evaluasi dan monitoring terintegrasi, sistem informasi keuangan, pengelolaan data master dan nilai mahasiswa (PSMA), dan sistem informasi untuk kegiatan yang memiliki unit pelaksana teknis di tingkat Universitas.

Prosedur Pengembangan dan Implementasi Sistem

1. Setiap pengembangan sistem informasi yang diperlukan harus mengacu kepada analisis kebutuhan dan proyeksi pengembangan unit pengguna sistem informasi tersebut. Implementasi setiap sistem informasi tersebut perlu disyahkan oleh Rektor dengan dilengkapi dengan panduan penggunaan (user guide) dan dokumentasi sistem-nya.

2. Pengelolaan TIK harus menunjukkan pembagian tugas yang jelas mencakup tiga fungsi kewenangan yang berbeda yaitu (a) unit perencana dan pengembang sistem, (b) unit penanggung jawab implementasi sistem, serta (c) unit evaluasi dan monitoring sistem. Fungsi perencanaan dan pengembangan sistem menjadi tugas dari BAPSI, fungsi monevin merupakan wewenang dari Badan Penjaminan Mutu Universitas, dan unit penanggung jawab implementasi adalah unit kerja yang pelaksanaan tugas sesuai dengan struktur organisasi dan deskripsi tugas yang telah ditetapkan.

3. Pengembangan muatan informasi dan materi pembelajaran yang hanya berlaku untuk program studi tertentu menjadi tugas dan wewenang dari masing-masing program studi tersebut. Konsep ini memungkinkan setiap program studi untuk mengembangkan aspek akademik sesuai dengan hasil evaluasi diri dan rencana kerja masing-masing program studi, tetapi tetap berpijak pada rencana strategis dan kebijakan Universitas dan/atau Yayasan Pendidikan Gunadarma

 Program Pelatihan, Sosialisasi Sistem, dan Kode Etik Penggunaan

  1. Setiap sistem informasi yang digunakan harus disosialisasikan kepada pengguna akhir (end user) melalui berbagai saluran komunikasi- baik media konvensional maupun elektronik, dengan dilengkapi dengan sarana umpan balik dalam rangka pengembangan dan penyemurnaan sistem.
  2. Dalam upaya mendukung pemanfaatan sistem informasi oleh pengguna akhir (end user), setiap pengelola atau penanggung jawab sistem informasi perlu memberlakukan kode etik penggunaan sistem, yang disosialisasikan ke pengguna akhir melalui media komunikasi konvensional dan media elektronik. Kode etik penggunaan sistem informasi tersebut merupakan dokumen yang disyahkan oleh Rektor universitas Gunadarma

Manajemen Resiko TIK dan Disaster&Recovery Planning

Ketergantungan proses pendidikan pada TIK mengandung potensi resiko yang akan mengganggu integritas informasi. Resiko tersebut harus diukur dan dianalisis agar tidak menyebabkan

  1. Implementasi Sistem Informasi dilakukan di setiap unit kerja disesuaikan dengan lingkup tugas dan wewenangnya masing-masing. Pengguna sistem informasi tersebut diharuskan membuat sistem back-up dan recovery system untuk menjaga kesinambungan layanan
  2. Pengembangan dan penerapan TIK di Universitas Gunadarma harus mempertimbangkan resiko TIK yang berpotensi mengancam kerahasiaan, ketersediaan, serta integritas informasi. Untuk itu, pengelola TIK harus membangun prosedur dan teknik pengamanan.

Nama : Nur Ayunita Susilowati

Kelas : 2KB04

NPM : 24109400

About Ayunita92

i'm not perfect :')

Posted on Mei 16, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: