Jejaring Sosial

Jejaring social sekarang lebih banyak kita jumpai bahkan lebih banyak kita punyai, kapan dan dimanapun bisa. Dari tahun ke tahun semakin bertambah account-account yang menjurus ke account pertemanan Contohnya Facebook dan Twitter. Orang Indonesia merupakan contoh yang mempunyai banyak sekali account-account Facebook. Kenapa todak cukup dengan satu account saja? Kenapa satu orang harus mempunyai 3 account bahkan lebih? Dan kenapa pula account-account tersebut dengan nama yang berbeda-beda? Apa yang ada di fikirin mereka? I don’t know what to say lah yaaaa, masing-masing mempunyai cara berfikir yang berbeda-beda.

Next, Account jejaring social itu identik dengan yang namanya ALAY??? What Alay? Anak layang? No!! Alay disini menjelaskan sosok orang yang menggunakan account jejaring social dengan bahasa tulisan dan nama account sendiri yang amat teramat ribet (bawaan Friendster). Ribet? Kenapa ribet? Kadang mereka suka nulis yang ngga-ngga, maupun itu status bahkan apalah yaaa dan terlebih lagi masalah KETIKAN, “hAy, a99y aPh nicccH”, “pEyUuUtttt q AtiT dewH” dan sebagainya. Yaa benar, mereka-mereka ini kenapa kita yang ribet. Bukannya kita ribet, tp ga etis aja gitu hari gini tulisan masih kecil gede dan sebagainya. Lalu, photo!!! Kadang photo yang di sebut Alay itu antara lain Photo jepret dari atas dengan bibir di majuin dan kedua cari nempel dengan mulut tersebut😀 (maaf). Okeee sesuka mereka lah yaaa.

Jejaring social banyak sekali, di antara :

1. Facebook

Facebook sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc.  Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.

Facebook didirikan oleh Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes . Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa  Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League , dan Universitas Standford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.


2. Twitter

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets. Tweets adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Tweets bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat tweets penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.


3. Y!m

sebuah penyedia surat elektronik (webmail) dari Yahoo! . Ia merupakan penyedia surat elektronik terbesar di Internet, dengan jutaan pengguna. Penyaing utama Yahoo! Mail ialah Windows Live Hotmail, Gmail dan AOL Mail.


4. Koprol

Koprol, atau sekarang yang dikenal dengan Yahoo! Koprol, merupakan Jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Di sini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS (Global Positioning System) tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama.

Di Indonesia kota-kota yang sudah dapat menikmati aplikasi ini adalah Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Surakarta, Sidoarjo, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Bengkulu, dan lain-lain serta manca negara seperti Singapore, Houston, Indianapolis .


5. SalingSapa.com

Salingsapa.com adalah situs yang dibuat atas dasar kewajiban Islam untuk bersilaturahmi. Banyak silaturahmi banyak rezeki, dan SalingSapa bertujuan untuk membantu mempermudah itu. Kelebihan SalingSapa adalah memiliki berbagai konten islami, seperti fitur Al-Quran (di fitur ini kita bisa dipandu agar membaca Al-Qur’annya baik dan benar), fitur khazanah (fitur ini berisi tentang dakwah islami), dan fitur radiosalingsapa (radio yang berisikan siaran islami).

SalingSapa ini memang terlihat seperti facebook, karena memang situs ini dibangun untuk memberikan alternatif media social network kepada muslimin dan muslimat untuk menggunakan sarana pertemanan/jejaring sosial milik sendiri.


6. Friendster

Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas untuk membuat profil dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan akun di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog .

Saat ini Friendster telah menginternasionalisasi bahasanya yang semula hanya bahasa Inggris , saat ini telah tersedia bahasa Indonesia, bahasa Tionghoa, bahasa Spanyol, bahasa Korea , bahasa Jepang ,bahasa Vietnam, bahasa malaysia.


Dan masih banyak lagi jejaring social yang dapat kamu kunjungi. Terimakasih🙂

About Ayunita92

i'm not perfect :')

Posted on Mei 22, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: