Perjalanan Hidup Mencari Kerja Setelah Lulus Kuliah

Aaaaooo… long time no see nih, udah lama bangeeeettt ngga ngblog. Terakhir post-annya seputar tugas kuliah, hihi. Jadi ada hasrat untuk sharing soal lulus kuliah dan cari kerja.

Baiklah, singkat cerita. Saya lulusan S1 dari Universitas Gunadarma, saya ambil jurusan Sistem Komputer/Ilmu Komputer. Saya lulus November 2013. Rasanya setelah pengumuman kelulusan seneeeenggg bangeeeettt (yaiyalah), sedikit beban terlepas, sepanjang saya pulang ke rumah bawaannya senyam-senyum melulu hihi. Setelah dinyatakan lulus, mulailah malamnya saya membuka satu situs lowongan kerja (karir.com), dan saya mulai mengapply-apply sesuai posisi kerja yang saya rasa saya bisa bekerja dalam bidang itu. Inget banget pertama kali saya apply di karir.com itu ke perusahaan obat atau farmasi (bokap orang farmasi soalnya :p) yaitu Century Pharma, di sana lagi buka banyak lowongan dengan berbagai posisi, saya ikuti aturan applynya dan sampailah pada saat saya psikotest pertama kalinya untuk masuk kerja. Psikotestnya banyaaaakk bangeeett, mulai psikotest jam 09.30, selesai jam 12.00. Psikotestnya menggunakan komputer. Hasil psikotestnya diumumin paling lama 2 minggu (kata pengawasnya) tapi udah 2 minggu saya ngga dapet kabar baik dari Century, sooo bukan rejeki gapapalah yaa, ambil positifnya aja buat pengalaman dan tau gimana sih psikotest masuk kerja itu.

Dari situ saya mulai apply-apply lagi, melalui internet, kirim lamaran melalui pos dan sudah banyak panggilan test dan interview sana-sini juga tapi tetep aja masih belum rejekinya. Singkat cerita, awal bulan februari teman kuliah saya menawarkan saya magang sebagai IT Helpdesk di perusahaan ternama, perusahaan yang saya idam-idamkan sejak sebelum saya masuk kuliah, yaaak PT. Astra Honda Motor, kalian taulaaah di sana benefit yang didapat kaya gimana hihi. Saya terimalah tawaran teman saya itu, saya mau magang sebagai IT Helpdesk. Ngga lama, HRD dari AHM hubungi saya untuk konfirmasi lagi apakah deal untuk mengikuti testnya dulu, saya ngga nolak dong. Keesokan harinya saya mengikuti interview dari pihak AHM yaitu orang IT nya langsung boooookk. Selama saya mengikuti test ataupun interview di kantor atau perusahaan lain saya tidak setegang dan setakut pas mau interview dan psikotest di AHM. Tegaaaaangg bangeeet, sampe hampir salah jawab saking nerveousnya. Interview dan psikotest berjalan lancar. Besoknya selang satu hari pas banget hari ulang tahun saya 19 februari, saya mendapatkan telpon dari pihak HRD AHM kalau saya lolos interview dan psikotest kemarin, selanjutnya saya diharuskan untuk Medical Check Up di klinik yang sudah bekerja sama dengan Astra.

Singkat cerita, saya bekerja sebagai IT Helpdesk berjalan 6 bulan (terhitung dari maret 2014 – agustus 2014) karena posisinya masih magang kontrak. Setelah proses bekerja saya berakhir di AHM, saya mulai tidak ada semangat lagi, seperti orang yang ngga tau mau kemana, ngga tau arahnya. ya gitu deeeh saking kagetnya kalau kontrak saya tidak diperpanjang, padahal sebelumnya saya berharap banget kalau kontrak magang itu diperpanjang. Tp balik lagi, belum rejeki, saya yakin pasti Allah akan membukakan pintu-pintu rejeki melalui pekerjaan yang jauh lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Aamiin…

Selang sehari sayapun mencari-mencari dan apply-apply lagi ke perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan pegawai baru. Saya ceritakan saja perusahaan swasta yang dalam kategori besar yang saya ikuti proses rekrutmennya.

Pertama saya dihubungin by phone oleh Astrido Group, kalian taulah yaa Astrido bergerak dibidang apa. Jasa jual beli atau deler mobil-mobil ternama di Indonesia. Lagi lagi saya tidak lolos untuk psikotestnya. Feeling saya sih kenapa ngga lolos di psikotest karena pas disuruh gambar orang dan pohon itu nihil banget gambar saya hahaha.

Kedua, ini juga cita-cita saya sejak lama untuk bekerja di perusahaan ini, yak Krama Tiga Yudha Berlian Motors biasa disebut KTB. Proses di sana awalnya penjelasan dan pengenalan soal perusahaan itu sendiri (pihak HRDnya yang presentasi) dilanjut langsung Screening Test dimana isinya berupa gambar-gambar, alhamdulillah screening test saya lolos, hari itu juga yang lolos screening test dilanjutkan interview dengan HRD. Syok banget, ternyata interviewnya menggunakan bahasa inggriiiiisssss, aaaaaaaaaaaaaakkk. Jujur kalo untuk soal bahasa inggris-inggrisan saya kurang bangeett, saya mengerti apa yang ditanya oleh HRDnya tapi saya ngga bisa menjabarkan jawaban saya menggunakan bahasa inggris, jadi saya berfikir dulu agak lama juga sih hahaha (pertama kalinya juga interview menggunakan bahasa inggris dan bengong seketika ngga bisa mikir LOL). Lagi lagi yaaaahh belum rejeki karena interview saya blepotan :p.

Ketiga, PT. Surya Madistrindo (anak perusahaan Gudang Garam). Ternyata yang ikut psikotest dihari itu juga banyak banget ada 20 orang-an kurang lebih, yaa saya sedikit hopeless sih. Psikotest dimulai, psikotestnya ada 3 macam (Deret Angka, Soal Cerita dan perbandingan kata gitu). Selesai psikotest kita disuruh nunggu sekitar 15 menit, daaaann Alhamdulillaaahh saya lolos psikotest, yang lolos psikotest cuma 2 orang, yang lainnya bengong kaget gitu, dari sekian banyak yang ikut psikotest tapi yang lolos hanya 2 (termasuk saya). Lanjut test komputer (ms.excel) dihari itu juga, ada 4 sub. HRDnya bilang pengumuman lolosnya ditunggu paling lambat 3 hari. Besok siang sekitar jam 13.30 saya mendapatkan SMS dari SM kalau saya lolos test komputer dan akan lanjut ke tahap tes selanjutnya yaiu interview HRD. Datanglah saya ke kantor SM untuk mengikuti tahap interview HRD, saya kira bakalan banyak lagi yang bakal interview, ternyata cuma 3 orang (1 cewek saya sendiri, 2nya cowok itupun untuk posisi lain) disitu saya sudah berharap banget dan PD kalo saya bakalan diterima di SM ini, Interview berjalan dengan lancar, HRDnya bilang ditunggu paling lama 1 minggu untuk pengumuman lolos/ngga. Lagi, lagi dan lagiiiiiiii sudah hampir mendekati 1 minggu saya tidak mendapatkan kabar baik dari SM, saya sudah coba tanya ke HRDnya melalui SMS apakah saya masuk kualifikasi atau tidak, tapi tidak ada balasan sampai saat ini. Belum rejeki lagi :”””))))

Tepat hari ini, jum’at 24 oktober 2014 saya mengikuti psikotest di PT. Yakult Indonesia Persada. Banyak juga pesertanya, kurang lebih ada 15-20 orang. Psikotestnya lumayan banyak dan menguras otak sih hahaha. Pertama psikotest Krapelin (hitung angka dari bawah menggunakan kertas yang sering dibilang test koran), kedua test PAPI, ketiga test campuran+test verbal+test gambar,  Diumumin paling lama 2 – 3 minggu kedepan. Bismillah semoga Allah membukakan pintu pekerjaan di sini untuk saya.

Usaha dan Do’a sudah saya lakukan, sisanya tinggal serahkan semuanya sama Allah. Yakin Allah ngga akan ngasih hal terburuk ke umatnya.

Sekian dan Terima kasih.

Assalamualaikum.

About Ayunita92

i'm not perfect :')

Posted on Oktober 24, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: