Proses Rekrutmen PT. Ajinomoto Indonesia

Yap, sesuai dengan judulnya kenapa saya akan membahas ini? Karena pada saat mengikuti proses/tahapan rekrutmen di perusahaan tersebut, begitu sulit saya mendapatkan keterangan atau informasi dari tahapan rekrutmen PT tersebut maka dari itu saya ingin sharing bagaimana tahapan-tahapan rekrutmen yang diadakan oleh PT. Ajinonomoto Indonesia. PT Ajinomoto Indonesia ada 4 tahapan rekrutmen setelah tahapan administrasi.

Tahap pertama : Test Tertulis seputar IT

Setelah berhasil mengirim lamaran ke perusahaan melalui jobstreet, seminggu kemudian saya mendapatkan email undangan untuk mengikuti tahapan pertama sebagai IT-MS di PT. Ajinomoto Indonesia. Tahapan pertama ini meliputi test tertulis yang testnya menjawab soal-soal seputar IT berupa materi. Tahap pertama selesai, langsung pulang. Kurang lebih seminggu pengumuman lolosnya. Test tahap pertama diadakan pada hari sabtu, lalu hari kamis saya mendapatkan telpon dari HRD Ajinomoto Indonesia kalau saya dinyatakan lolos untuk tahap test tertulis seputar IT.

Tahap kedua : Psikotest

Lanjut ke tahap selanjutnya yaitu tahap kedua, psikotest. Psikotestnya tidak dilaksanakan di kantornya, tetapi dengan pihak ketiga yaitu FirstAsia Consultant di daerah Slipi. Psikotestnya emang agak beda dari yang lain, menggunakan komputer dan jauh lebih banyak. Selesai psikotest, lanjut interview dengan psikolog. Tunggu pengumumannya lagi sekitar kurang lebih 5 hari. 5 hari pun sudah berjalan, saya sudah pesimis kalau tidak lolos untuk psikotest kemarin. Pesimis tapi penasaran juga, Saya memberanikan diri untuk menanyakan hasil psikotest kemarin lewat email ke HRD Ajinomoto Indonesia. Kenapa saya berani untuk menanyakan hasil psikotest tersebut? karena pada tahap awal HRDnya bilang, kalau masih penasaran dengan hasilnya boleh bertanya melalui email, itu yang bikin saya memberanikan diri untuk bertanya. Email terkirim sekitar jam 9 pagi, dan alhamdulillah dibalas sekitar jam 11 siang. Alhamdulillah lagi saya dinyatakan lolos psikotest kemarin di FirsAsia Consultant.

Tahap ketiga : Interview dengan HRD dan User

Dan lanjut ke tahapan ketiga yaitu Interview dengan User dan HRD. Ternyata yang lolos untuk masuk ke tahap ini hanya 3 orang tetapi saya tidak tahu berapa yang dibutuhkan untuk posisi IT-MS ini. Diundangan disuruh datang jam 08.00, saya datang jam 7.15 ternyata sudah ada 2 kandidat lainnya yang datang lebih awal dari saya. Alhasil saya kebagian untuk interview terakhir. Interviewnya dengan 4 orang (1 HRD, 1 manager HRD, 1 manager IT, 1 user (orang jepang)) dan perkenalan diri menggunakan bahasa inggris, selanjutnya menggunakan bahasa indonesia. Jangan khawatir orang jepangnya bisa berbahasa indonesia, asalkan kita paham aja maksud dia hehe (karena logatnya agak membingungkan juga hihi). Setelah interview saya pulang dan disuruh menunggu hasilnya kurang lebih seminggu. Seminggu berlalu, saya tidak kunjung mendapatkan kabar baik dari pihak Ajinomoto. Tapi dengan harapan yang begitu besar dan dengan optimisme dari kedua orangtua, saya yakin saja pasti ada kabar baik. Salah satu kelemahan di diri saya adalah PENASARAN, iya PENASARAN haha, alhasil saya memberanikan diri lagi dan lagi untuk bertanya hasil interview kemarin lewat email ke HRD. Email terkirim sekitar pukul jam 11 siang, saya harap-harap cemas tidak ada balasan email. Keesokannya pukul 8 pagi saya mendapatkan email kalo saya dinyatakan TIDAK DAPAT LANJUT MENGIKUTI PROSES REKRUTMEN. Kecewa? Iya pastinya, saya sudah mengecewakan diri saya dan juga keluarga saya khususnya ibu bapak saya.. Syok? Banget sih, karena udah berharap sekali dan setidaknya tidak selangkah lagi. Marah? Ngga, saya berfikir mungkin rejeki saya bukan di perusahaan tersebut

Tahap keempat : MCU

So, saya tidak dapat mengikuti tahapan selanjutnya yaitu medical checkup atau test kesehatan.

Pengalaman ini bisa saya jadikan pembelajaran saya kedepannya. Sekian.

Wasalam.

About Ayunita92

i'm not perfect :')

Posted on Desember 29, 2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: